Mengenal Mechagodzilla, Mecha Ikonik Musuh Godzilla


Sejak pemunculannya di tahun 1964 King Ghidorah langsung "dibaptis" sebagai lawan Godzilla yang utama. Di setiap event penting Godzilla, KG nggak pernah ketinggalan ikut andil. King Ghidorah memang kaiju di universe Goji yang paling sangar tapi mimin pribadi lbh memilih MechaGodzilla sbg lawan Godzilla yang paling favorite.

Terilham dari "clone" protagonis dalam bentuk mekanik King Kong di film "King Kong Escapes (1967)", Toho merasa formula "kaiju mekanik" cukup berhasil. Di tahun 1970-an (boleh dibilang ini era kegelapan franchise Godzilla, banyak film2 di tahun2 ini jeblok di pasaran), tepatnya tahun 1974, MechaGodzilla lahir di layar perak (selain MechaKong, mungkin MechaG juga terinspirasi seri tv yg lagi happening saat itu: Six Million Dollar Man & Bionic Woman dan seri anime giant robot di Jepang)



Di continuity showa ini, MechaG adalah robot penghancur yang diciptakan oleh kaum alien Simians (pada saat itu franchise Planet of the Apes juga lagi anget2nya) untuk membantu mereka menginvasi bumi. MechaG adalah lawan Goji dalam bentuk 100% Mecha yang pertama. Sebelumnya, Gigan & Megalon adalah cyborg (cybernetic organic) dan Jet Jaguar (100% mecha) adalah sekutu, bukan lawan Goji.

Supaya cita rasa "bad @$$" nya si MechaG lbh terasa medok, di pemunculan pertama ini doski langsung menghantam kromo sidekick Goji: Anguirus. Untuk menghadapinya pun Goji harus dibantu kaiju lain: King Seesar (King Caesar dalam versi USA). Dengan kemampuan bisa terbang dan dipersenjatai proyektil dan blast, MechaG memang bukan lawan yg sembarangan!




Film Godzilla vs MechaGodzilla (1974) ternyata sukses. Seperti biasa, kalau sukses pasti corporate akan terus mengeksploitasi. Sekuelnya, The Terror of MechaGodzilla (1975) pun segera dibuat. Dalam sekuelnya ini, justru Godzilla hrs berhadapan dgn dua lawan sekaligus (pertama kali nih Goji dikeroyok): Mecha G & Titanosaurus! Untuk film ini, Ishiro Honda (sutradara Goji dari taun 1954-1966) pun turun tangan. Secara kualitas, Terror of MechaG adalah film era showa yang bagus. Scene2 kaijunya epik & karakter manusia yang menarik. Sayangnya publik udah jenuh sama Goji, akhirnya franchise Goji diistirahatin selama 9 taun (1984 baru mulai lagi).

Di era heisei, lawan2 Goji di era showa dipake lagi. Setelah KG dan Mothra, di tahun 1993 MechaG muncul lagi dalam film "Godzilla vs MechaGodzilla II". Film ini tentunya ga ada hubungannya sama MechaG showa krn dalam film ini MechaG adalah robot yg diciptakan dari sisa2 Mecha Ghidorah untuk melindungi Jepang dari Godzilla (di era heisei dan seterusnya Godzilla menjadi antagonis, walaupun bukan 100% villain)



Di era millenium, franchise Godzilla yg berformat "direct sequel from 1954" (buat yg bingung sama continuity millenium) jg ikut menampilkan MechaG. Kali ini dikenal sebagai Kiryu (super dragon). Konsepnya sama dgn yg heisei (robot oelindung buatan manusia). Setelah Godzilla berhasil ditumpas di tahun 1954 dengan Oxygen Destroyer (yup, Godzilla bisa mati), Jepang terus menerus diserang oleh kaiju2 (Rodan, Mothra, Gargantuas, Varan dll. Intinya film2 solo kaiju non godzilla masuk ke continuity Kiryu saga). Di tahun 2000-an, seekor Godzilla baru muncul lagi. Untuk melawan Goji, pemerintah Jepang membuat sebuah robot dari tulang Godzilla yg tewas di tahun 1954. Siapa sangka ternyata justru "tulang Godzilla" itulah yg membuatGoji baru ini kembali mendatangi Jepang.



Untuk Kiryu Saga ini mimin punya sebuah hipotesa. Hal ini merujuk dari cerpen karya alm. Ray Bradburry yg berjudul "The Fog Horn". Ceritanya adalah seekor dinisaurus yg masih hidup di abad 20 muncul krn bunyi terompet mercusuar (si dino ini ngira mercusuar itu adalah lawan jenisnya, baca aja deh. Bagus kok dan ga panjang ceritanya). Cerpen ini difilmkan dgn judul "The Beast from 20.000 Fathoms". Kaiju di film itu, Rhedosaurus boleh dibilang adalah inspirasi langsung dari Godzilla.



Oke, kembali ke soal Kiryu. Mimin punya dugaan kalo salah satu dari Godzilla ini (Kiryu atau Godzilla 2002) adalah BETINA! Dugaan dari mana tuh?

1. Godzilla 2002 mendatangi Jepang krn ia merasakan kehadiran spesiesnya di tanah itu (dalam bentuk Kiryu). Dalam hal naluri primitif, hasrat untuk "mating" adalah paling mendasar bagi para hewan.
2. Godzilla 1954 satu continuity dgn Godzilla 2002 & 2003 kan? Kalau begitu, kenapa yg 1954 & 2002 itu bentuk (dorsal fin nya) berbeda? Mimin ngerasa ini adalaha krn kedua kaiju itu berbeda kelamin.



Bener ato ngga, ya ngga tau juga sih. Ini sih pemikiran mimin pribadi aja.

Di seri Godzilla anime, MechaG juga muncul lagi (tapi ngga seperti inkarnasi sebelumnya dan mimin males ngebahas seri anime itu, takut spoiler ).
Di film Ready Player One, MechaG jg sempet nongol.

Komentar