Mengenal Si Godzilla Cilik, Minilla & Godzilla Jr.


Sebelum film Son of Godzilla (1967) diproduksi, sebenernya konsep tentang "Godzilla cilik" telah digoreng, skripnya ditulis oleh Kazue Kiba dengan judul: Two Godzillas: Japan SOS!. Di konsep awal Godzilla cilik ini berwarna kebiruan, tingginya 30 meter dan lebih buas ketimbang konsep akhir, di tahun 90-an konsep ini akhirnya terpakai (Godzilla Jr).


Dengan niat untuk menjaring audiens muda (anak-anak) akhirnya diputuskan untuk membuat Minilla lebih "kid friendly".

Banyak yang beranggapan kalau Godzilla berjenis kelamin laki-laki, kenapa ia bisa memiliki anak (Minilla)? Sadar atau tidak, Minilla adalah "anak kandung" dari Godzilla adalah salah. Seperti yang dijelaskan di film pertama (Godzilla 1954), pada jaman purbakala bumi ini dihuni oleh dinosaurus dan salah satunya yang menjadi alpha predator adalah ras Godzilla. Jadi nama Godzilla sendiri sebenernya adalah lebih mengacu pada ras (seperti Brontosaurus, T-Rex dsb). Nah, ketika iklim bumi ini berubah, banyak dinosaurus punah. Ada beberapa ekor makhluk purbakala yang ternyata berhasil selamat dari perubahan iklim tersebut, salah satunya adalah Godzilla. Diceritakan juga sebuah telur dari ras Godzilla juga selamat dan akhirnya menetas di abad 20. Lahirlah Minilla.


Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa Minilla adalah "anak angkat" dari Godzilla.
Di seri Heisei Minilla di'retconned' menjadi Godzilla Jr. Asal usul Junior pada dasarnya sama seperti Minilla. Sebuah telur dari ras Godzillasaurus selamat dan terpapar radiasi nuklir blablabla. Tapi kali ini Godzilla cilik ini memiliki seekor babysitter atau abang: Rodan. Rodan, seekor Pteranodon yang terkena radiasi nuklir menjaga telur terakhir dari ras Godzilla sampai akhirnya Junior menetas. Lagi-lagi seperti di continuitu showa, Junior adalah anak angkat dari Godzilla. Bukan kandung.
Alasan mengapa Godzilla sangat protektif terhadap Minilla atau Junior adalah karena persamaan spesies (percaya atau tidak, sedikit banyak konsep ini juga mengilhami dasar cerita Kiryu saga).

https://www.facebook.com/duniakaijuindonesia/posts/1164151637082870

Komentar