Menguak Misteri Warna Godzilla 2000


Udah pernah nonton film Godzilla 2000? Dari taun 1954-1995, item & abu-abu adalah warna yg konotatif dgn King of Monster (walaupun warna asli suit godzilla 1954 adalah coklat tapi krn filmnya item putih jadi ya kliatannya item aja). Di taun 1999, Toho kembali membuat film Godzilla (Godzilla 2000) setelah film goji versi amrik dihujat habis-habisan oleh para G-Fans (godzilla 1998 disebut GINO. Godzilla in Name Only atau Zilla). Suit godzilla 2000 didesign ulang, dengan bentuk dorsal fin yang lbh tajam namun yg paling menyolok adalah kali ini Godzilla berwarnahijau & ungu.



Pernah ngga mikir kenapa warna Godzilla itu lain dari yang sebelum2nya? Coba liat poster film Godzilla King of Monster 1956 (Godzilla 1954 yg didub amrik). Liat warna Gojinya...



Nyatanya publik amrik menganggap Godzilla berwarna hijau. Hal ini juga didukung dengan kartun Godzilla versi Hanna Barbera (ZOINKS!) dan adaptasi komik Marvel. Di dua medium tersebut Godzilla digambarkan berwarna hijau.

Design bentuk Godzilla 2000 (Miregoji) jg mengambil design salah satu suit yang paling populer: Kinggoji (1962), kebetulan film 1962 adalah film crossover goji pertama dgn kaiju amrik (Kong).

Mire Goji art By AlmightyRayzilla


Ada rumor bahwa alasan Toho mendesign suit goji 2000 sedmikian rupa adalah untuk "meledek" amerika yg saat itu tidak becus menangani franchise godzilla. Seolah olah Toho ingin bilang "gini caranya lu mustinya bikin film goji, coeg!". Bener atau nggak, ngga tau juga sih ya? Kalo dibilang ngga sengaja kok pas? Utak atik gathuk. Sekian & terima kasih.

artikel oleh Sofyan Syarief

Komentar