Napak Tilas Gamera, Kaiju Kura - Kura Ikonik milik Daiei

Incomplete Struggle (by Sofyan Syarief)

"Every creature, however unappealing, fights to the last to survive. Humanity as well." - Mayumi Nagamine (Gamera: Irys Awakening, 1999)

Tahun 1962-1965 adalah moment come backnya Godzilla setelah absen selama 7 tahun. Saat itu dimulai era golden age Kaiju Eiga. Berniat ikutan icip2 sukses Toho, sebuah perusahaan film kecil: Daiei menciptakan kaiju mereka sendiri: Gamera (Gamera sendiri adalah buah karya Yonejiro Saito).

Showa era


Pertama kali muncul di taun 1965, Diceritakan Gamera adalah ras kura-kura raksasa dari jaman Antediluvian (jaman sebelum banjir Nabi Nuh) yang terrperangkap di Arktik. Pada saat perang dingin, terjadi duel di udara antara USA & USSR, tanpa sengaja bom nuklir di pesawat USSR jatuh dan ledakannya membebaskan seekor Gamera dari perangkap esnya. Nama Gamera sendiri dalam ceritanya berasal dari sebutan orang eskimo untuk ras kura2 raksasa itu. Pihak JSDF menjalankan operasi "Plan Z" yaitu memancing Gamera ke dalam sebuah roket dan ditembakkan ke angkasa luar. Namun kurang dari setahun, roket itu menabrak sebuah meteor dan berbalik lagi ke bumi dan seri "Gamera vs" era showa pun di mulai. Film Gamera showa terakhir adalah Gamera Super Monster (1980).

Heisei era



Pada tahun 1995 Toho merencanakan untuk "membunuh" Godzilla dan menyerahkan tongkat estafet pada Sony Pictures (Godzilla 1998). Daiei merasa absennya Goji dari layar perak adalah kesempatan yg baik untuk memunculkan Gamera kembali dan kebetulan merupakan ultahnya Gamera yg ke 35. Untuk rennaisance Gamera, dibesut tim Shusuke Kaneko (Last Cabaret, Hong Kong Paradise, Azumi 2 & Death Note) dan Shinji Higuchi (Attack on Titan, Lorelei & Shin Godzilla) sbg kepala sfx. Untuk seri heisei ini, Gamera bukan lagi "sahabat anak-anak". Film Gameera dibuat lbh serius dan lbh ditujukan untuk remaja & dewasa. Trilogy Gamera heisei merupakan pencapaian yg besar bagi Kaiju Eiga, walaupun dengan budget SETENGAH dari film Godzilla heisei. Bahkan Almarhum Roger Ebert pun berpendapat bahwa trilogy Gamera adalah film kaiju terbaik sejak Godzilla (1954).

Origin dari Gamera era heisei ini berbeda dari era showa. Dikisahkan kerajaan Atlantis pada zaman dahulu kala mengalami problem dgn polusi, untuk itu mrk menciptakan Gyaos yg akan mengkonsumsi limbah dan polusi tapi ternyata Gyaos malah lama kelamaan menyerang manusia. Di tengah kepanikan itu, bangsa Atlantis menciptakan counter Gyaos: Gamera (boleh dibilang Gamera dan Gyaos adalah "biological robot"). Sayangnya bangsa Atlantis udah keburu punah dimakan Gyaos.

Di abad 20 sebuah kapal pengangkut plutonium menemukan sebuah pulau terapung dengan banyak manik2 di atasnya. Saat itu juga 3 ekor Gyaos muncul di pesisir Jepang dan memakan korban. Pihak JSDF pun menjalankan operasi menangkap Gyaos di stadion baseball Fukuoka. Saat itulah Gamera muncul. Ternyata manik2 di punggung pulau terapung itu (yg ternyata punggung Gamera) adalah transmiter agar manusia bisa mengontrol Gamera. Manik terakhir yg msh utuh dipegang oleh Asagi Kusanagi, putri dari Profesor Kusanagai, peneliti maritim yg meneliti pulau terapung tadi.

Yang menarik dari film heisei Gamera adalah manusia bukan cuma sekedar pengamat tapi terlibat langsung dengan para kaiju. Tema utama dari trilogy ini adalah bagaimana hubungan ras manusia dengan Gamera. Sebagai pemanis, musik Gamera trilogy ini jg digubah oleh Kow Otani (Shadow of Colossus untuk PS dan GMK 2001). Asagi Kusanagi diperankan oleh Ayako Fujitani, putri dari Steven Seagal.

Millenium era

Di tahun 2006, Daiei yang baru dibeli Kadokawa berniat membangkitkan kembali seri Gamera namun kali ini atas permintaan dari Noriaki Yuasa (sutradara film Gamera 1965-1980) yang mengkritik trilogi heisei terlalu gelap, Gamera dikembalikan ke konsep awal sebagai "sahabat anak2".



Di tahun 1973, seekor Gamera bertarung sendirian melawan sekumpulan Gyaos. Karena kewalahan ia mengorbankan diri dengan meledakan dirinya. 33 tahun kemudian seorang bocah bernama Toru tanpa sengaja menemukan telur dari Gamera di lokasi Gamera 1973 tewas.

Pada tahun 2015, trailer (untuk pitching) dari reboot Gamera yg baru ditayangkan. Ngga tau kapan jadinya itu film.

Khasiatnya si Gamera:

1. Cangkang dengan kekebalan mumpuni. Misil atau senjata tentara ngga bisa tembus. Namun untuk seri heisei, level kekebalan gamera tidak sedahsayat era showa.

2. Healing factor.kalau udah kelelahan, biasanya Gamera harus hibernasi supaya sehat wak afiat seperti sedia kala

3. Intelejensia.

4. Oxygen powered fire ball

5. Mana blast. Dengan mengkonsumsi energi bumi (Mana), Gamera bisa mengeluarkan kanon mana dari dada nya (Advent of Legion).

6. Banishing Fist. Dengan kemampuan menyedot tembakan plasma eksternal, Gamera bisa menciptakan tangan api dari plasma tersebut (Gamera 1999)

7. Jurus terbang JJS langit.

8. Boleh dibilang Gamera adalah makhluk thriphibian (mampu hidup di tiga alam: darat, air dan udara)

9. Taji dari sikut

Kelemahan:

Suhu ekstrim di bawah nol (suhu dingin yg buset).

Yang Ngga Penting-penting Amat:


1. Helikopter tenaga manusia ciptaan Universitas Maryland diberi nama "The University of Maryland GAMERA Human Powered Helicopter". Kebetulan maskot universitas Maryland adalah kura2.

2. Ras kura2 baenidae jaman jurassic yang fossilnya ditemukan di utara Dakota diberi nama Gamerabaena.

3. Di era heisei, diceritakan gamera memiliki intelenjsia yang tinggi. Hal ini diperkuat dengan desain suitnya yang memiliki sorot mata yg lbh hidup.

4. Diseri heisei, kemampuan gamera mendarat terlihat ada sebuah proses. Di taun 1995, gamera selalu "dipaksa" mendarat (seringnya krn ditembak atau nubruk). Di taun 1996, gamera mulai bisa mendarat tapi msh belum mulus. Di tahun 1999 akhirnya mampu mendarat dengan lancar, bahkan di tengah keramaian daerah Shibuya.

5. Walaupun beda PH, Godzilla (Haruo Nakajima) dan Gamera pernah tampil dalam satu panggung. Dalam acara Children's Festival di Osaka World Fair 1970.

6. Gamera sering cameo di Dr. SLump, Dragon Ball, Justice League Unlimited, Teen Titans, The Simpsons dan banyak lagi

7. Pada tanggal 28 November 2018 adalah hari ulang taun Gamera yg ke 53.

https://www.facebook.com/duniakaijuindonesia/posts/1179826625515371?__tn__=K-R
http://godzilla.wikia.com/wiki/Godzilla_vs._Gamera_(1970_Stage_Show)

Komentar