Mengenal Gogola, Film Kaiju India yang Hilang


Gogola merupakan kaiju serupa reptil yang hadir di film Kaiju dari India, Gogola 1966. Hal yag unik bahwa desain Gogola mengingatkan akan gabungan desain Gorgo dan Godzilla dan berdiri dengan dua kaki layaknya dua kaiju tersebut. Selain itu juga mempunya dua tangan dengan empat jari, ekor pendek yang kuat dan juga kepalanya yang sedikit bulky dan gemuk, dua mata hitam kecil dan gigi tajam yang mirp goblin shark.

Suatu hari Gogola muncul dari laut, meneror para warga dan turis yang sedang bersantai di pantai Mumbai. Pihak berwajib awalnya tak percaya akan kedatangan mahluk raksasa ini. Namun setelah dipaksa mengambil tindakan, mereka pun percaya, dan mengejar mahluk ini hingga pantai laut. Sang kaiju Gogola pun mundur hinnga muncul kembali di dermaga pelabuhan Mumbai. Namun sayangnya ia kembali beraksi dengan menyerang kota sekitar situ dan membuat daerah sekitar sedikit banjir. Para pasukan militer datang, mereka menyerang Gogola namun gagal. Di akhir cerita para pasukan militer akhirnya berhasil mengalahkan Gogola.

Gogola sendiri merupan film pertama India yang berfokus pada monster rakasasa, dalam special effect Gogola menggunakan suitmation atau orang dalam kostum dan menurut penuturan sang pembuat kostum, D Malvankar, membutuhkan dua sampai tiga orang dalam memerankannya.
Kelebihan dan kekurangan Gogola: Sama halnya dengan monster lain, Gogola mempunyai daya kekuatan serangan dan kekuatan yang luar biasa, ia juga bisa mengeluarkan semburan api seperti yang digambarkan dalam posternya dan juga skrip naskahnya, ia juga mahluk amfibi yang bisa bergerak di luat dan darat namun tubuhnya tidak kebal akan senjata militer.

Komentar