Mengenal Baragon, Kaiju Penghuni Bawah Tanah


Kaiju Baragon (bukan barugon apalagi harugon) pertama kali diperkenalkan pada film Toho tahun 1965 yang berjudul Frankenstein vs Baragon, di mana Baragon atau Baranosdragon di sini berperan sebagai mahluk sejenis dinosaurus bawah tanah yang berhasil bertahan dari kepunahan yang menjadi musuh Frankenstein. Kedua karakter itu bertemu dan saling bertarung yang nantinya dimenangkan oleh Frankenstein dengan cara mematahkan leher Baragon.

Di tahun 1968, Toho berencana menampilkan beberapa kaiju yang telah mereka buat yang hasilnya adalah Godzilla: Destroy All Monsters. Film itu memperlihatkan berbagai monster, Baragon sendiri eksis di film itu namun karena kostumnya yang rusak maka ia hanya ditampilkan di akhir.

Di tahun 2001 Baragon kembali dimunculkan oleh Toho kali ini melalui film Godzilla giant monster all out attack. Di film yang di mana godzilla menjadi antagonis ini harus melawan beberapa kaiju salah satunya Baragon yang menjadi lawan pertamanya dan menyebabkan Baragon mati dengan tragis.

Asal muasal Baragon sebenarnya ingin dibuat berasal dari gunung es namun nantinya berubah menjadi dari bawah tanah. Baragon sendiri didesain oleh Akira Watanabe, dalam pengembangan pembuatannya dilakukan oleh Teizo Toshimitsu, Keizo Murase dan Yagi bersaudara. Di masa itu kostum Baragon merupakan salah satu kostum kaiju yang ringan pada saat itu, untuk menarik atau menggantungnya ke udara hanya butuh sedikit orang. Kostum Baragon sendiri diisi oleh suit actor legendaris Haruo Nakajima. Dalam salah satu scene, kostum baragon dibuat kosong alias tak ada orang didalamnya namun diberi material khusus, ternyata itu adalah untuk adegan ketika Koji Furuhata pemeran Frankenstein mengangkat dan melempar Baragon ke udara yang nantinya scene seperti ini terus diadaptasi di serial ultraman. Di bagian rahangnya kostum Baragon, bisa digerakan terbukan dan tertutup dengan menggunakan remote control sama halnya dengan matanya. Miniatur boneka Baragon pernah digunakan untuk adegan jatuh dari tebing dan boneka itu nantinya digunakan kembali dalam film Destroy All Monsters. Kostum Baragon beberapa kali dipinjam oleh Tsuburaya dan diubah jadi Pagos, Neronga dan sejenisnya.

Komentar