Mengenal Rodan, Si Monster Raksasa Penguasa Langit


Baru - baru ini kita disuguhi oleh trailer pertama dari film sekuel Godzilla 2014, Godzilla King of the Monster yang tidak hanya menampilkan satu kaiju tapi empat kaiju bahkan mungkin lebih dan salah satunya adalah Rodan. Berangkat dari kesuksesan film sekuel pertama Godzilla 1954, Godzilla Raids Again, sutradara Ishiro Honda dipersilahkan oleh Toho untuk membuat film kaiju lain yang lebih mengerikan selain Godzilla. Hasilnya adalah film kaiju berwarna pertama yang berjudul Rodan(dalam versi Jepang dibaca Radon) yang rilis tahun 1956. Rodan merupakan kaiju yang berasal dari petranodon yang bermutasi dari dalam bumi tepatnya di daerah gunung berapi yang di filmnya nanti meneror sekitar kota atau pertambangan.


Layaknya Godzilla, Rodan juga gambaran sebuah mahluk yang bermutasi dan juga kemarahan alam akan keteledoran atau kesalahan manusia itu sendiri seperti penggunaan senjata atom yang berbahaya. Walau terdapat kekacauan dan kerusakan di film Rodan, sayangnya hal tersebut tidak semengerikan yang ditimbulkan oleh Godzilla, mungkin karena Godzilla sendiri juga gambaran dari mengerikannya perang dunia ke dua. Film Rodan sendiri mempunyai durasi yang tak terlalu panjang yaitu 82 menit dengan pembangunan cerita yang agak lambat. Di awal cerita, penonton disuguhkan oleh teror dari larva dan serangga raksasa atau meganulon hingga baru diakhir nantinya Rodan turut meneror sekitar kota. Eiji Tsuburaya sendiri juga sangat menikmati dalam proses pembuatan kostum Rodan ini karena tak sesulit membuat kostum Godzilla. Rodan juga mempunya beberapa kemampuan seperti kemampuan terbang supersonic, mampu menghasilkan gelombang getaran yang kuat di mana ini ia bisa gunakan untuk memporak - porandakan sebuah kota, mampu mengeluarkan hembusan angin yang kuat, dalam pertempuran jarak dekat Rodan juga bisa menggunakan paruh (paruhnya bisa menghancurkan batu besar) dan cakarnya yang tajam itu, di beberapa kesempatan Rodan bahkan bisa mengangkat objek yang berat seperti Godzilla, selain itu jika Godzilla bisa mengeluarkan Atomic Breath maka Rodan mampu mengeluarkan Wind Breath dari mulutnya yang dapat menghancurkan bangunan dan membuat terbang kendaraan militer dan yang terakhir ia juga bisa mengeluarkan Uranium Heat Beam dari mulutnya pada film Godzilla vs Mechagodzilla 2 di mana ia bisa mengeluarkan gelombang panas radioaktif dari mulutnya.


Film selanjutnya Rodan di mana Rodan hadir adalah Ghidorah The Three Headed Monster pada tahun 1964. Di sini awalnya ia saling bertempur dengan Godzilla, namun nantinya dipersuasi oleh Mothra untuk saling damai agar bisa fokus melawan musuh yang lebih kuat dan jahat yaitu King Ghidorah. Rodan nantinya kembali menjadi rekan Godzilla di film Godzilla Invasion of Astro Monster (1965) dan juga Destroy All Monster (1968) dan melawan musuh yang sama King Ghidorah.
Di awal heisei era film Godzilla, Rodan kembali hadir di Godzilla vs Mechagodzilla 2. Ia lagi - lagi harus berkelahi dengan godzilla sebelum akhirnya kembali bekerja sama melawan Mechagodzilla. Tak beberapa lama di tahun 2004, ia kembali muncul di film Final Wars di mana beberapa kaiju lain pun juga turut hadir untuk dikalahkan oleh Godzilla. Dan terakhir Rodan kembali datang untuk menghapus rasa kangen di kalangan fans kaiju, ia akan hadir kembali di film terbaru Godzilla, Godzilla King of the Monster. Tentu penampilannya kali ini sangat ditunggu dan menimbulkan banyak rasa penasaran, apakah nantinya dia menjadi rekan godzilla atau musuh godzilla, yang jelas kita juga harus menunggu film Godzilla King of the Monster rilis sehingga bisa mendapatkan penjelasan utuh terkait hal itu dan menghapus rasa penasaran kita semua.

Komentar