Gigan, Si Cyborg Kaiju Sadis di Franchise Godzilla


Gigan adalah Kaiju yang pertama kali muncul di film Godzilla vs Gigan (1972).


Di era Showa, Gigan diciptakan oleh bangsa alien M Nebula untuk kepentingan invasi ke bumi. Pada debut awalnya Gigan bertandem dengan King Ghidorah. Di tahun 1973 Gigan ganti pasangan tag team: Megalon, kaiju dari benua Mu namun berhasil dipukul mundur oleh duo Godzilla & Jet Jaguar.


Setelah itu Gigan muncul di seri spin off Godzilla, Zone Fighter (yang secara timeline ada di antara Godzilla vs Megalon & Godzilla vs Mechagodzilla 1973). King Ghidorah juga muncul di Zone Fighter tapi di episode terpisah. Walaupun musuh dari Godzilla tapi Gigan di conitinuity showa ini berhasil ditumpas oleh Zone Fighter. Ini adalah pemunculan gIgan terakhir di era showa.
Di seri heisei Gigan sama sekali nggak nongol.


GIgan akhirnya kembali ke layar perak di tahun 2004 dalam dilm Godzilla Final Wars. Asal usulnya kali ini adalah Gigan diciptakan oleh bangsa alien Xillien dengan tujuan yg masih sama: invasi ke bumi. Diceritakan Gigan sudah didaratkan di bumi sejak zaman prasejarah.


Gigan adalah kaiju cyborg yang terbilang sadis dan brutal karena di awal debutnya ia berhasil membuat DUA kaiju (Godzilla & Anguirus) berdarah! Namun begitu, dia juga termasuk kaiju yang pengecut (mungkin krn base designnya dari ayam kali ya?) krn ia tak segan untuk meninggalkan sekutunya (Megalon) kalau keadaan sudah tidak menguntungkan.
Gigan adalah kaiju favorit dari sutradara Ryuhei Kitamura ( Versus, Godzilla Final Wars, Midnight Meat Train).

Komentar